Resep Bolu Karamel Sarang Semut

Gambar mungkin berisi: makanan
BOLU KARAMEL SARANG SEMUT
Source: @rickeindriani_ordinarykitchen
Rebake: @ginalarasati_bundaradithya
.
Bahan:
400 gram gula pasir
400 ml air panas
5 lembar daun jeruk purut iris tipis
2 lembar daun pandan iris tipis 
5 butir telur
1 sdt vanilla
120 gram tepung protein sedang
150 ml susu kental manis
150 gram butter/margarin. Lelehkan
2 sdt soda kue 
.
Cara membuat:
1. Panaskan gula pasir dalan panci dengan api kecil. Biarkan sampai gule meleleh, tidak perlu diaduk aduk. Saat gula sudah mulai kuning kecoklatan, sesekali putar panci untuk meratakannya. Jaga jangan sampai gosong ya. Setelah seluruh gula menjadi karamel, dengan hati hati dan perlahan tuangkan air panas (larutan akan bergolak)
2. Masukkan daun jeruk dan daun pandan.lanjutkan merebus sambil diaduk aduk sampai seluruh karamel larut dan wangi. Matikan api. Dinginkan dan saring. Takar 400 ml .. sisihkan.
3. Panaskan oven suhu 180 °C. Siapkan loyang tulban ukuran 20 cm atau loyang bulat / kotak biasa 18-20 cm. Olesi dengan margarin dan taburi terigu tipis. Sisihkan.
4. Kocok telur dan vanilla dengan handwisk cukup sampai rata dan berbusa saja. Masukkan terigu bertahap sambil diayak, berselang seling dengan larutan karamel. Aduk rata hingga licin.
5. Masukkan susu kental manis, aduk rata. Lalu margarin cair.. aduk rata. Jika ada tepung yang masih bergerindil, adonan bisa disaring. Adonan memang cair.
6. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dalam oven sampai matang 45-50 menitan. Permukaan sudah kering dan membal bila disentuh. Test tusuk sudah bersih. Angkat dan keluarkan dari loyang. Dinginkan. .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep Bolu Karamel Sarang Semut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel